5 Penyakit Kulit Yang Sering Timbul

Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Kulit manusia memiliki banyak sekali manfaatnya. Selain untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, kulit juga berfungsi untuk mengatur suhu badan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Jika kamu lalai atau tidak peduli dengan kesehatan kulit kamu, maka kemungkinan besar kulit kamu akan terkena berbagai macam penyakit kulit.  Berikut ini macam-macam penyakit kulit yang bisa menyerang kulit manusia.

1. Jerawat

Penyakit kulit yang satu ini paling banyak diderita oleh manusia, terutama kaum muda. Penyakit kulit ini disebabkan oleh kelenjar minyak yang berlebihan. Kelenjar minyak terhubung dengan pori-pori di bawah kulit oleh saluran yang disebut dengan folikel. Pada saat folikel tersebut tersumbat, maka jerawat akan tumbuh.

Oleh karena itu, perlu perwatan yang ekstra guna mencegah serta mengobati penyakit kulit yang satu ini. Pencegahan atau pengobatan yang terbaik adalah dengan menggunakan obat-obatan alami. Karena obat-obatan alami tergolong cukup ampuh dan memiliki resiko yang sangat sedikit, bahkan tidak ada resikonya.

2. Eksim

Penyakit kulit yang satu ini termasuk dalam penyakit kulit jangka panjang. Penyakit ini adalah eksim yang dikenal juga dengan sebagai dermatitis atopik.

Gejala yang paling umum pada penyakit kulit ini adalah kulit menjadi kering dan gatal. Biasanya, penyakit ini akan menyerang bagian wajah, siku, lutut belakang, tangan dan kaki.

Hingga detik ini belum ditemukan cara ataupun alat yang bisa digunakan untuk mendiaknosa penyebab penyakit ini. Dokter hanya dapat mendiaknosa dengan cara mendapatkan informasi dan riwayat medis dari penderita.

3. Ruam

Ruam atau disebut juga dengan dermatitis biasanya akan menyerang bagian wajah, belakang lutut, siku, tangan dan kaki. Penyakit kulit ruam ini biasanya akan menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Biasanya, penyakit ini menyerang anak-anak kecil. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini.

4. Panu

Penyakit panu memang tidak terlalu berbahaya bagi penderitanya tetapi efek lain dari panu adalah membuat penderitanya menjadi tak percaya diri. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bulatan kecil berwarna putih dan rasanya menjadi gatal. Jika tidak segera di obati penyakit ini akan dengan cepat tersebar kebagian yang lain.

Biasanya panu tumbuh di bagian tangan, kaki, punggung bahkan muka. tak hanya orang dewasa yang bisa terkena panu anak kecil pun sangat berpotensi untuk terkena penyakit ini. karena penyakit ini sangat mudah menyebar dan menular pada siapapun.

5. Kudis

Tungau biasanya yang menyebabkan penyakit kudis ini. Ciri-ciri terkena penyakit ini adanya keropeng, kebotakan, dan kegatalan pada kulit. Gejala yang ditimbulkan dank has pada kudis adalah liang pada permukaan kulit, kemerahan, gatal, dan biasanya ada infeksi sekunder, misalnya akibat bakteri.

Hati-hati, bayi juga bisa terkena penyakit ini. Gejala yang timbul biasanya muncul bisul pada telapak kaki dan telapak tangan. Kudis dapat dicegah dengan memakai sabun dan sampo dengan merata setiap mandi, lalu keringkan dengan handuk sampai benar-benar kering.

Tetapi sebelum itu cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahara hari di antara jam 09:00 – 11:00, hal itu dapat mengurangi resiko, bahkan sampai menghentikan siklus tungau. Jagalah selalu kebersihan rumah dan sekitarnya, semprotkan juga desinfektan yang mengandung bahan antiseptik.