Doa sholat dhuha yang kita baca setelah selesai mengerjakan sholat dhuha memiliki makna yang tidak sederhana. Kita diingatkan tentang ketauhidan dimana kita harus meningkatkan keyakinan kita bahwa Allah adalah Sang Maha Kaya dan hanya kepada-Nya kita meminta.

Sholat dhuha yang jumlah minimal rakaatnya adalah 2 rakaat ini dikerjakan di pagi hari ketika matahari sudah naik sekitar 7 hasta. Untuk pelaksanaannya bisa secara berjamaah atau sendiri. Mengawali hari dengan sesuatu yang baik adalah keharusan, dan mengawali hari dengan sholat dhuha lengkap dengan membaca doa sholat dhuha juga menjadi keharusan karena di dalamnya terdapat banyak kebaikan.

Sholat dhuha dan doa sholat dhuha juga menjadi ikhtiar kita dalam membuka pintu rezeki. Tak bisa mengelak, di dunia ini kita mempunyai banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Lapar kita butuh makan, haus kita butuh minum, hujan dan terik kita butuh tempat berlindung sebagai tempat tinggal. Seperti itulah gambaran sederhananya, dan untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut kita harus bekerja.

mediamaya.net

Benar, bekerja adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan. Tapi bekerja saja tidak cukup, melainkan kita harus memperhatikan hubungan vertikal kita, dengan Allah. Dan sholat dhuha beserta doa sholat dhuha adalah bentuk ikhtiarnya.

Kita bisa saja bekerja siang dan malam, bahkan tidak sedikit dari kita yang akhirnya lalai dalam beribadah karena saking semangatnya mengejar harta dunia. Mencari nafkah adalah keharusan, tapi ketika usaha kita dalam mencari nafkah tersebut justru menjauhkan kita dengan Pencipta, maka tidak ada satupun kebaikan yang terdapat dalam harta tersebut. Itulah kenapa kita dianjurkan sholat dhuha, karena sholat dhuha adalah sarana kita dalam memperluas rezeki.

Bukan perkara jumlah yang banyak atau sedikit, tapi lebih ke berkah atau tidaknya rezeki tersebut. Lebih baik sedikit tapi berkah daripada banyak tapi tidak berkah karena tidak ada ridho Allah di dalamnya.

Apabila kita mau merutinkan sholat dhuha sebagai amalan harian, In Syaa Allah iman kita akan semakin meningkat karena banyak sekali kebaikan dalam sholat dhuha. Bahkan doa sholat dhuha juga mengingatkan kita agar kita sepenuhnya yakin bahwa Allah adalah pemilik rezeki.

Demikian istimewa kebaikan yang ada pada sholat dhuha dan doa sholat dhuha. Lalu seperti apa bacaan doa sholat dhuha tersebut?

Doa Sholat Dhuha

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Semoga setelah mengetahui tentang kebaikan dalam sholat dhuha beserta doa sholat dhuha tersebut dapat membantu meningkatkan keimanan kita. Aamiin