Ada peribahasa menyebutkan bahwa “mulutmu harimaumu”, akan tetapi sepertinya sekarang ini peribahasa itu ahrus sedikit mengalami perubahan. Sebab sekarnag orang lebih sedikit berbicara dengan mulut, justru orang – orang kini lebih banyak berbicara dengan menggunakan  jari jemarinya. Bukan dalam artian jari jemari manusia sekarang bisa berbicara karena memiliki mulut dan gigi.

Akan tetapi, manusia sekarang justru lebih banyak mengungkapkan pemikirannya, isi hatinya, di media sosial. Mereka mengetik menggunakan jari jemarinya, dan timbulah tulisan di dinding media sosial. Aktifitas komunikasi kini lebih banyak dilakukan orang – orang melalui gadget,  bukan lagi melalui mulut mereka. Akan tetapi efeknya menjadi lebih berbahaya. Sebab melalui media sosial, orang merasa berhak menulis apapun dengan akunnya.

Orang – orang pada awalnya menggunakan media sosial untuk meluapkan ekspresinya, memberikan kabar bagi teman – temannya, akan tetapi, sekarang ini kondisinya semakin ironis, karena orang – orang mulai menggunakan media sosial untuk menyerang orang lain, seperti cyber bullying, ekspos aib orang, sampai dengan mencacai dan memaki seseorang dengan alasan tidak menyukainya.

Padahal sejatinya, dalam menyikapi kemajuan teknologi dan ketiadaan batas komunikasi ini, seseorang ahrus lebih ijak dalam menggunakan smartphone nya, terkhusus lagi haru lebih bijak dalam menggunakan akun media sosialnya. Sebab jika anda menggunakan smartphone dan media sosial dengan bijak, anda akan memperoleh manfaat sebagai berikut :

1. Merasa damai

Perasaan damai akan hilang seiring dengan kelakukan kita yang menyulut emosi orang lain. jika kita tidak menggunakna media sosial atau smartphone untuk membuat orang emosi atau membuat orang menjadi tersinggung, maka anda akan menuai apa yang telah anda lakukan itu, salah satu akibatnya adalah bahwa anda akan dijauhkan dari perasaan damai.

2. Merasa tenang

Ketenangan juga akan hadir jika anda menggunakan media sosial atau smartphone dengan semestinya. Tidak menyalahgunakannya ataupun menggunakannya untuk sesuatu hal yang tidak bermanfaat.

Maka dari itu, sebaiknya anda gunakan gadget  atau media sosial dengan bijak sana dan pemikiran yang matang  sebelum bertindak.