Kain Katun Untuk Bahan Baju Koko

Terkadang kita suka bingung saat ingin membeli baju koko tetapi kita tidak tahu bahan nya terbuat dari jenis kain yang seperti apa yang cocok untuk dipakai dengan nyaman dan tidak panas tentunya. Biasanya orang-orang suka mencari baju koko yang berbahan dari serat kapas karena kain tersebut memiliki karakteristik yang cocok saat digunakan yaitu adem tidak panas, mudah menyerap keringat dengan baik serta teksture kain yang halus.

Kain Katun Untuk Bahan Baju Koko

Berikut ada beberapa kain dan karakteristiknya yang cocok dan tidak cocok digunakan untuk pembuatan baju koko :

  1. Poliester / Tetoron

Dibuat dari serat buatan semacam plastik, panas saat digunakan (tidak menyerap keringat), harga relatif murah. Namun memiliki teksture permukaan yang halus, warna kuat dan tahan lama.

  1. Rayon

Dibuat dari serat alam, sangat adem atau dingin saat digunakan, mudah menyerap keringat dengan baik,tetapi jenis kain ini juga mudah kusut dan harga diatas kain poliester.

  1. Katun

Ada beberapa jenis kain katun yang biasa digunakan untuk bahan baju koko :

  • katun biasa. Daya serap keringat sangat baik, harga relatif murah dibandingkan jenis kain katun lainnya dan banyak pilihan warna serta motif.
  • katun paris, hampir sama dengan katun biasa tetapi kain agak tipis, mempunyai daya serap keringat lumayan baik dan harga relatif sama dengan katun biasa.
  • katun minyak, relatif sama dengan kain katun lainnya hanya saja permukaannya terkesan berminyak serta mengkilap. Memiliki daya serap keringat yang lumayan bagus. harga juga relatif sama dengan katun biasa. Efek kilap dipermukaan kain biasanya akan berkurang setelah beberapa kali dicuci.
  • katun kalista, hampir sama dengan kain katun paris, hanya saja katun kalista ini memiliki ketebalan yang lebih tebal dari katun paris, daya serap keringat sangat baik dan harganya pun diatas katun paris.
  • katun versus, lebih tebal dari katun kalista dengan tenunan benang agak longgar, memiliki daya serap keringat yang bagus, sulit mendapatkan warna cerah. Harga nya relatif sama dengan katun kalista.
  • katun 3d, ditenun dari dua benang yang berbeda warna sehingga pada kain muncul efek riak seperti efek 3D. Harga relatif sama dengan katun biasa.
  • katun jaguar, mirip dengan kain katun 3D, Cuma saat proses tenun, dibuat corak atau motif pada kain yang akan dibuat, sehingga selain efek riak, terbentuk corak atau motif pada kain dari tenunnannya. Harga relatif lebih mahal dari harga kain 3D.

 

Nah, itulah beberapa bahan jenis kain katun yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pembuatan baju koko atau bisa Anda jadikan acuan saat hendak akan membeli baju koko. Semoga artikel kami dapat bermanfaat ^_^