Memiliki sebuah kolam ikan di rumah, tentu menjadi keuntungan sendiri bagi anda dan keluarga. Selain membuat tampilan halaman dan rumah jadi semakin cantik, memiliki sebuah kolam dengan desain kolam ikan minimalis juga akan membuat udara dirumah semakin sejuk. Belum lagi suara gemercik air, ikan berwarna-warni plus beberapa tanaman hijau disekeliling rumah akan membuat rumah jadi tampak lebih asri. Hal ini tentu saja akan membuat anda merasa semakin betah dirumah bukan?

Namun untuk mendapatkan suasana yang nyaman, anda juga harus rajin merawat kolam ikan minimalis agar selalu bersih. Selain membuat tampilannya selalu menarik, membersihkan kolam ikan secara rutin juga akan membuat ikan-ikan hias hidup lebih lama dan tidak mudah mati.  Bagi anda yang sedang berencana membuat desain kolam ikan depan rumah, yuk pelajari bagaimana Cara Merawat Kolam Ikan Agar Tidak Keruh!

  • Agar tidak cepat keruh, pasang filter untuk menyaring air kolam ikan. Filter ini bisa anda dapatkan di toko ikan hias. Filter ini harus selalu dinyalakan kecuali saat dibersihkan agar kadar okisgen di dalam air cukup.
  • Bersihkan kolam ikan sebulan sekali, dengan cara disikat kemudian di pel. Namun jika kolam ikan terkena kotoran dan airnya sudah keruh, jangan tunggu sebulan dan langsung saja bersihkan.
  • Saat menyikat kolam, hindari menyikat lumut sampai bersih. Sebaiknya sisakan saja sedikit karena lumut juga bisa menjadi makanan untuk ikan.
  • Supaya makin cantik anda bisa menanam berbagai tanaman hias disekeliling kolam. Hal ini juga akan membantu mengontrol sinar matahari agar terbagi rata. Dan jangan lupa, isi kolam ikan dengan berbagai ikan hias warna-warni seperti koi, ikan nila dan juga ikan mas. Warna ikan yang beragam akan membuat kolam dan halaman makin cantik.

Itu dia beberapa Cara Merawat Kolam Ikan Agar Tidak Keruh yang bisa anda pelajari. Ingat, jangan lupa untuk selalu membersihkan kolam ikan dan juga merawat ikan dengan cara memberinya makan secara teratur. Semoga bermanfaat!